Baterai Laptop dan Cara Merawatnya

jaman sekarang, laptop bukan lagi barang tertier tapi sudah beranjak menjadi barang sekunder. tapi dari yang saya tahu, sebagian besar keluhan tentang laptop ada pada daya tahan batere. penyebab utamanya apa c??? penyebab utamanya adalah manusia penggunanya, dan saya punya sedikit tips untuk memelihara ketahanan batere laptop.

  • Di baterai berjenis lithium-based (tipe baterai Laptop) ini, efek memori baterai (Memory Effect) merupakan mitos, hanya berlaku untuk baterai yang lebih tua berbasis Niquel. Jadi penggunaan daya baterai sampai habis sama sekali kemudian dilanjutkan dengan mengisi (charging) baterai laptop adalah tidak benar dan bahkan berbahaya.
    Baterai lithium dapat diisi kapanpun yang diinginkan, mengingat bahwa baterai jenis ini benar-benar tidak ada efek negatif dalam kinerjanya.
  • Setelah baterai terisi penuh dan listrik A/C masih terpasang pada laptop adalah tidak berbahaya, karena segera setelah tingkat pengisian daya baterai mencapai 100%, baterai akan berhenti menerima pengisian energi dan energi ini langsung dilewatkan untuk sistem pasokan daya laptop.
    Namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika baterai masih menempel di soketnya saat laptop terpasang pada sumber listrik A/C, yaitu:
    – Dalam penggunaan normal, jika laptop tidak terlalu panas (CPU dan Hard Disk sekitar 40ºC s/d 50ºC) baterai harus tetap di socket laptop;
    – Dalam intensif penggunaan yang mengarah kepada sejumlah besar panas yang dihasilkan (misal Games, suhu di atas 60ºC) maka baterai harus dilepas dari soket laptop untuk mencegah pemanasan yang tidak diinginkan karena panas adalah musuh besar baterai lithium.
  • Pemakaian habis daya baterai (sampai laptop mati sendiri, 0%) harus dihindari, karena ini sangat memberatkan kinerja baterai dan bahkan dapat menimbulkan kerusakan.
    Dianjurkan untuk melakukan pemakaian parsial/bertahap sampai dengan tingkat kapasitas yang tersisa 20 ~ 30% dan sering diisi, bukannya melakukan pemakaian sampai habis lantas diikuti dengan pengisian penuh.
  • Baterai laptop memiliki sensor pengukur kapasitas yang memungkinkan kita untuk mengetahui dengan tepat jumlah energi yang tersimpan. Namun, karena siklus pengisian / pemakaian, sensor ini cenderung tidak akurat lagi dan perlu dikalibrasi.
    Beberapa BIOS laptop telah menambahkan fungsi untuk mengkalibrasi kembali sensor baterai ini, yang sebenarnya tidak lebih dari pengosongan lengkap diikuti oleh pengisian penuh.
    Jadi untuk mengkalibrasi sensor baterai ini, setiap 30 siklus pemakaian, harus dilakukan pengosongan baterai secara non-stop, diikuti pengisian secara non-stop.
    Sensor yang tidak akurat dapat mengarah pada fakta bahwa kapasitas baterai berada pada nilai-nilai yang salah. Bisa saja baterai melaporkan masih memiliki kapasitas 10% padahal sebenarnya memiliki nilai yang jauh lebih rendah, dan ini bisa menyebabkan laptop mendadak mati secara tak terduga.
  • Metode yang paling tepat untuk melakukan kalibrasi baterai adalah dengan melakukan satu kali discharge penuh (dari kapasitas 100% menjadi sekitar 3%) kemudian diikuti pengisian penuh baterai.
    Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
    1. Isi/charging baterai sampai kapasitas maksimum (100%);
    2. Saat terisi penuh, biarkan baterai “istirahat” dengan listrik A/C masih terpasang selama 2 jam atau lebih. Anda dapat menggunakan laptop biasanya dalam periode ini;
    3. Masuk ke menu di Control Panel >> Power Options dan seting hibernasi otomatis untuk hibernate laptop ketika kapasitas baterai mencapai 3%;
    4. Cabut listrik A/C, biarkan laptop menyala menggunakan baterai, non-stop, sampai hibernate sendiri. Anda dapat menggunakan laptop ini seperti biasa dalam periode ini.
    5. Ketika laptop hibernasi sepenuhnya, biarkan laptop dalam kondisi hibernasi selama 5 jam atau bahkan lebih;
    6. Pasang listrik A/C ke laptop untuk melakukan pengisian penuh baterai secara non-stop hingga kapasitas maksimum (100%). Jangan menggunakan laptop dulu sampai baterai terisi penuh;
    7. Proses kalibrasi baterai telah selesai.

Referensi: batteryuniversity.com

    • Arie SMK Sinar Abadi
    • August 14th, 2010

    Thx taz infonya.
    sngad b’manfaAd.

    • Leo
    • August 16th, 2010

    Aku udah baca, tapi sepertinya lebih lebih lengkap yang ini deh:

    http://acarossa.web.id/2009/12/tips-panduan-penggunaan-baterai-laptop-yang-tepat/

      • ariangelo
      • August 20th, 2010

      mas leo, gw langsung berkunjung ke sana. itu kyknya blog mas leo ya? hehehehe,,,
      numpang iklan gpp kok di sni, gk dilarang. asal bukan spam atau ngejunk, gk saling menjatuhkan.
      thx for comment..

  1. Salam kenal.
    Saya hanya ingin menyampaikan, website saya sangat terbuka untuk siapapun. Semua artikel bebas untuk di copy paste, sebagian ataupun keseluruhan. Hanya saja, jika kita mendapatkannya dari website orang lain, pastinya lebih menyenangkan jika kita memberikan narasumber asli melalui link-link yang sebenarnya.
    Sebenarnya artikel ini sangat banyak beredar di internet (bahkan beberapa persis 100%), sayangnya tidak banyak yang memberikan link asli ke nara sumbernya.
    Artikel ini 90% memang saya sadur dan terjemahkan dari tulisan di batterycare.bkspot.com , baru saya sisipkan dengan beberapa info dari batteryuniversity.com.
    Tapi tidak apa-apa. Mungkin lain kali bisa saling mengingatkan.
    Hmm, hampir lupa:
    Semoga berkembang terus websitenya, Mas Dicky. Sukses ya.

    @Leo
    Trims atas linknya.

      • ariangelo
      • August 23rd, 2010

      thx bgt nih bos aang atas sarannya. ane sih emang menyadur juga 90%, tp dari forum dimana saya biasa eksplorasi. forum tersebut gk bgitu bnyak orang yg tau, tp menurut saya infonya banyak yg bermanfaat. oleh karena itu saya menyadur sebagian besar artikel yg ada disitu untuk diexplore bareng di sini. saya gk bisa bilang nama forumnya coz pernah dikasih kartu kuning sm bang momod di forum tersebut karena menyertakan nama forum mereka tanpa izin (aneh kan?!)
      pokoknya makasih bgt dah bos..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: