Pengantar Komputasi Modern

Keren ya gambarnya? Mirip “Lampu” Langlinglung di komik Donald Duck. menurut saya, dialah ide pertama dari teknologi canggih yang ada sekarang ini. Jadi, apa hubungannya dengan komputasi modern?

Alat komputasi paling kuno adalah kertas, potlot dan karet penghapus. dari ketiga benda tersebut, orang melakukan proses-proses komputasi yang mudah hingga yang rumit dengan tiga benda “sederhana”. akan tetapi, dengan munculnya alat-alat komputasi yang tersusun dari komponen-komponen elektro; seperti kalkulator dan teman2nya, hal-hal komputasi yang rumit akan menjadi lebih “sederhana”.

saya cuma mau berbagi sedikit info tentang satu mesin komputasi yang sangat populer saat ini, komputer. kenapa saya malah bahas komputer? knp bukan komputasinya? jawabannya adalah : saya tidak akan membahas teori, rumus dan semacamnya.Toh di wikipedia juga ada, hehehehe.

Setahu saya, kalkulator itu sendiri adalah komputer paling sederhana, karena hanya diprogram untuk melakukan proses-proses perhitungan. sekarang pun kalkulator hanya sebatas melakukan perhitungan, walaupun ada yang telah ditambah fasilitas penyimpanan dan fitur pengingat jadwal (notes) serta fitur-fitur lainnya.

setelah kita tengok sang kalkulator, sekarang kita melompat jauh ke robot. muncul pertanyaan lagi, kenapa robot? Wow, robot itu adalah benda yang dibuat dengan penuh perhitungan dan sangat matematis. dari fungsi, sudut pergerakan, rumit deh! dan pemrograman dari si robot gak akan terlepas dari benda yang namanya komputer dan proses komputasi. Robot menyerupai manusia? berarti tubuh kita ini adalah tumpukan fungsi matematis yang sangat kompleks? Subhanallah, Allah Maha Segala-galanya…

Simak berita berikut:

Seoul – Pemerintah Korea Selatan sedang merancang Robot Land, sebuah pusat riset dan rekreasi yang sepenuhnya berisi robot. Konon, inilah taman robot pertama di dunia.
Dikutip dari Cnet, Jumat (19/2/2010), pulau robot ini bakal dibuka di wilayah Incheon, salah satu kota terbesar di negeri Ginseng. Biaya pembuatannya konon mencapai US$ 560 juta.
kasir pertunjukan pun rencananya berupa robot.

Konstruksi Robot Land bakal dimulai tahun ini dan diharapkan selesai pada tahun 2013. Ditargetkan bakal ada 2,8 juta pengunjung per tahun dan tercipta 18 ribu lapangan kerja berkat adanya Robot Land.

Keren kan? Berawal dari sebuah komputasi, dan menghasilkan gebrakan teknologi beserta lapangan kerja yang besar. Jadi, Komputasi itu gak cuma sekedar perhitungan untung-rugi. jika cuma untung-rugi, ujung2 nya ya muncul tikus-tikus baru.

apakah hanya sekedar itu? tidak! komputasi juga digunakan untuk membangun sebuah jaringan yang nantinya akan sangat berguna di sisi telekomunikasi. jangan berharap untuk mempelajari jaringan di sini, tidak sesuai judul. hihihihihi..

simak berita berikut:

SINGAPURA akan menjadi negara pertama yang akan memperoleh layanan nasional kecepatan tinggi. Layanan internet supercepat yang disebut NEXT GENERATION NATIONAL BROADBAND NETWORK in menawarkan sebuah backbone yang menghasilkan kecepatan download 100MB/detik dan upload 50MB/detik.

Bukan cuma itu, teknologi ini juga di desain agar dapat mencapai kecepatan Downstream 1 GB perdetik.

Selain menjual internet kecepatan tinggi, Singapura juga akan menjual bandwith ke penyedia layanan internet, dengan harga bersaing. Layanan internet kecepatan tinggi ini akan hadir pada tahun 2010. (sumber:PCMEDIA)

Wah, kayak mimpi ya?! tapi apa hal itu cuma sekedar nyalain komputer, colok kabel jaringan,  trus singapore tiba2 dpt kecepatan dewa? wakakakak, kebanyakan baca komik kayaknya. hal mengagumkan di atas pasti melewati proses komputasi yang rumit sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang hebat. tanpa perhitungan yang oke, gak mungkin kecepatan internet bisa kayak gitu.

mau hal keren lagi? tapi saya males kopas. coba tengok sendiri di sini dan di situ.

tingginya kebutuhan orang terhadap komunikasi membuat pesatnya perkembangan teknologi dan munculnya hal-hal baru yang dulu dianggap tidak mungkin. dan yang perlu diingat adalah teknologi, komunikasi, dan komputerisasi tidak akan pernah terlepas dari proses komputasi.

  1. Assalam kum………Salam kenal?blogy bgus…smoga bermanfaat////

      • ariangelo
      • March 28th, 2011

      thx ya gan…

    • ariangelo
    • March 10th, 2011

    thanks for pingback my blog..

  1. February 28th, 2011
  2. March 10th, 2011
    Trackback from : Pengantar Komputasi Modern
  3. April 5th, 2012
  4. May 6th, 2014

Leave a comment